/ Kesehatan

5 Manfaat Plank Jika Anda Lakukan Setiap Hari

Manfaat Plank

Plank merupakan salah satu bentuk olahraga atau latihan yang bentuknya mirip dengan push up. Bedanya jika Anda melakukna push up Anda akan mendorong tubuh Anda ke atas dan ke bawah, sedangkan jika melakukan plank Anda harus menahan tubuh Anda dalam jangka waktu tertentu.

Plank merupakan latihan yang melibatkan beberapa otot seperti otot siku, lengan dan kaki serta dipercaya dapat membantu mengecilkan perut buncit jika dilakukan secara rutin. Selain itu ada beberapa manfaat plank lainnya yang kami rangkum di bawah ini.

Manfaat Plank

Melatik Kekuatan Otot Inti

Saat Anda melakukan gerakan plank, maka Anda akan melibatkan seluruh otot inti tubuh. Dengan begini Anda bisa memperkuat otot inti tubuh serta membantu mengecilkan lingkar pinggang juga perut buncit Anda. Itulah mengapa plank menjadi olahraga mengecilkan perut yang cukup disarankan untuk dilakukan.

Menurunkan Berat Badan

Sama halnya dengan beberapa bentuk olahraga lain, plank juga berguna untuk menurunkan berat badan. Latihan plank dapat membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh daripaga bentuk olahraga tradisional lain. Jika Anda melakukan gerakan plank selama sekitar 1 menit saja setiap hari, makan Anda akan mengalami peningkatan metabolisme tubuh.

Menguatkan Tulang Belakang

Gerakan plank juga dapat membantu memperkuat tulang belakang, tanpa perlu menambahkan beban di atas punggung.

Memperbaiki Postur

Dengan melakukan latihan plank secara teratur, Anda bisa memperbaiki postur tubuh jika dirasa Anda duduk atau berdiri terlalu membungkuk. Selain itu plank juga bermanfaat untuk memperkuat bahu, punggung, otot dada serta leher.

Mengurangi Stres

Manfaat plank yang terakhir adalah dapat mengurangi stres. Melakukan plank bisa membantu meregangkan serta mengendurkan otot-otot tubuh yang kaku karena stres. Latihan plank ini juga mampu mempengaruhi sistem saraf dan membantu Anda mengurangi stres yang sedang dirasakan.

Nah itulah beberapa tips kesehatan mengenai manfaat plank yang bisa Anda dapatkan jika melakukannya secara rutin. Jika baru pertama mencoba latihan ini, lakukan selama 10 detik lalu tambah durasinya seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya kekuatan Anda.

Sumber referensi: https://desakabut.com